Memuat Konten
Silakan tunggu sebentar konten sedang dimuat....

Karena menyepelekan kesehatan aku hancur di umur 22 tahun

Ryan Jauhari sumsel

Assalammualaikum, Namaku Ryan jauhari, biasa dipanggil Rian umur 22 tahun, asal sumsel. Aku mau cerita disini, kali aja ada temen" yang bisa kasih masukan / saran.

Hari ini, yang paling aku tunggu² akhirnya datang, aku mau cerita tentang kehidupanku yang Nolep.

Dari kecil aku punya posisi gigi yang tidak rata, gak tau asalnya gimana. Seingatku mungkin waktu kecil karena ayah bilang gigi copot harus dibuang ke diatap rumah / ditanah.

Dengan posisi gigi yang tidak rata jadinya gigi mudah kotor, makan apa aja pasti banyak kotoran yang tersisa pada gigi. Karena aku masih kecil, jadi aku nggak pernah paham akan hal itu. Apalagi ortuku jarang banget mengajakan cara menjaga kesehatan gigi dengan baik.

Aku orang dusun / kampung dan hidup sederhana, mandinya di sungai. Masalah alat mandi sabun, pasta gigi, dan sikat gigi kadang ada dan kadang tidak. Ayahku tidak begitu peduli membeli peralatan mandi. Jadi kalau mandi yang penting basah...

Oh iya, waktu mau masuk sekolah aku tinggal di rumah nenek. Mamah masukin aku langsung ke sekolah dasar tanpa TK, aku tinggal bersama nenek 6tahun. Paling akrab sama mamang, mamangku masih single.

Pagi-pagi mau pergi ke sekolah aku pasti gosok gigi dulu, kalau nggak pastinya bau. Kadang aku malas mandi, cuma basahin rambut, cuci muka, gosok gigi udah soalnya pagi itu dingin banget.

Di rumah nenek pergaulanku bebas, banyak temen pulang sekolah main sama temen pulangnya sore jam 6 sampe dimarahin. Nah sore harinya aku kadang mandi kadang nggak, males mandi. Sering dimarahin sama mamangku...

Aku tinggal di rumah nenek hingga kelas 3 SD, akunya b*d*h nggak naik kelas 2 tahun. Akibat pergaulan, banyak temen maunya main terus malas kalau belajar. Disekolah biar gak disuruh nyatet aku cari alesan, matahin pensil biar ada alesan. 😆

Kelas 4 SD ortuku cerai, mamahku pulang ke rumah nenek sambil nangis-nangis bawa tas yang penuh dengan pakaianya. Karena mamahku cerai, aku dan adiku (cewek) disuruh tinggal bersama bapak lagi. Karena kalau disana nggak ada yang mau ngebiayain...

Dan disinilah ceritaku dimulai....
Tinggal bersama bapak, tanpa seorang ibu. Sebelunya nenek yang masak, aku pergi sekolah pukul 6 pagi langsung cari ojek nggak ada sarapan cuma minum teh hangat. Padahal waktu tinggal dirumah nenek aku selalu dibeliin sarapan, mau lontong, mau mie, mau nasi kucing, atau gorengan pasti dibeliin.

Sejak tinggal bersama bapak aku semakin kurus, bukan hanya itu pergaulan juga hilang. Pulang sekolah aku ngeNolep dirumah, tapi aku betah kegiatanku montir/oprek elektro. Sejak ada HP ngeblog, Ngoding, bahkan coba-coba nge Youtube padahal hpku nggak bisa edit video 😆

Aku jarang banget main game, selain kegiatan itu aku juga harus masak dan cuci piring secara gantian dengan adik ku. Adik ku emang bandel kalau cici piring dibuang satu biar cucianya gak banyak. Giliran dimarhin aku juga yang kena...

Balik lagi ke awalnya, pagi-pagi aku sekolah mandi donk, nggak pake shampo-shampoan. Ada pasta sabun mandi + pasta gigi udah cukup, nah kalau pasta gigi udah habis jarang langsung dibeli. Bahkan sampe seminggu tuh nggak ada..

Kadang aku gosok gigi pake rinso 😭😢 Mau sekolah ya gak enak bau mulut apalagi gigi kuning. Tapi gigku udah berlubang sejak kecil, sejak kecil itu emang gigi bagian depanku udah hitam sedikit.

Aku sering sakit gigi nggak diperhatiin oleh bapak, nggak pernah dibawa ke puskes periksa gigi. Jangankan mau periksa gigi sakit saja cuma dipendem sampe sembuh.

Aku nggak pede sama penampilan gigi jelek gini, sampe akhirnya pergaulan berkurang. Kerjaku cuma ngenolep di rumah habis pulang sekolah, tapi kalau sama temen cowok ya aku pede karena mereka nggak pandang fisik kok.

Aku nggak pede itu ketika ada cewek, huhhhh nggak banget😣

Aku orangn nya malu-malu, Sebelum asuk sekolah, SD, SMP SMA pernah dideketin cewek tapi aku malahan yang menjauh. Masih ingat aku main rumah-rumahan dari pasir waktu dirumah nenek sebelum masuk ke SD, ada cewek melangkahin pagar kawat namanya Febriyanti. Dia selalu nanyain aku, aku malah ketakutan nggak lama malah masuk ke dalem ninggalin dia sendiri padahal masi pengen main 😆

Sama, SMP & SMA cewek itu hobbi ngobrol dan kalau dia dateng pasti ada maunya. Entah itu mau berteman atau apa ya nggak tau, aku selalu menghindar dari cewek karena nggak pede. Soal penampilan & bau mulut cuma itu kok.

Walau udah gosok gigi habis makan cepet banget kotor, ya karena postur susunan giginya nggak rata apalagi sisa makanan bisa tertahan disitu sampe sore. Kalau musim cuaca dingin sekitaran 20°c aku sering nggak mandi soalnya dingin biasanya terjadi awal tahun sama akhir tahun..

Eh tapi kalau tandang ke rumah nenek/uwak rasanya pengen mandi, ada shampo, sabun wangi lagi. Dirumah uwak juga ada listerin itu aku pake, di rumah uwak lengkap lantainya keramik.

Hari demi hari gigi punyaku mulai rusak satu satu, gigi geraham berlubang kecil, sakit gigi bahkan gigi depanku mulai keropos. Nggak ada cermin di rumahku jadi aku nggak memperduliinya, beda dengan di rumah nenek ada satu lemari dengan kaca yang gede. Jadi kalau sekolah dandanya disitu, sambil rapiin rambut, kancing baju, senyum² aku ganteng gak yah 😆

2016-2020 itu perubahan besar udah terjadi, gigi ku yang dulunya punya lubang kecil jadi besar. Aku nggak bisa mengunyah di gigi geraham ku yang dulunya sakit sudah berlubang besar banget. Ditambah lagi gigi geraham kanan yang baru-baru ini keropos juga, awalnya bentuknya bagus aku lihat dari kaca. Tapi sering sakit, lama-kelamaan patah sedikit demi sedikit kalah sama kerasnya makanan yang aku kunyah.

Awal gigi sakit aku hanya makan mie, gak bisa mengunyah. Rasanya pengen banget aku cabut semua gigi yang berlubang total ada 6 gigi. Selama ini sakit gigi cuma didiemin doang, cuma beli obat aspirin penghilang nyeri 😭

Dari kecil sering sakit gigi dibirin terus menerus jadinya nambah parah. Mungkin aku juga kekurangan vitamin D.

Hidup dalam kemiskinan, apapun nggak punya, dan masalah gigi bikin aku jadi Nolep, Nggak pede gitu.

Mau jalan-jalan ke rumah temen tapi nggak ada kendaraan, masa iya jalan kaki. Aku mah mudah cape atuh, pegel, ga kuat jalan jauh 2.1Km😭

Bukanya gak pernah tapi sering kok, udah ngerasain sendiri pulang sekolah gak ada ongkos terpaksa jalan kaki, panas capek, sampe rumah malah jadi males masak. Capeknya ampuh banget bikin gua down total (aku terbaring lemas tanpa tenaga, kepala pusing, rasanya kaya nggak ada tenaga lesu, pandangan juga gelap / berkunang-kunang), makanya aku nggak jalan jauh lagi.

Pergaulan jadi berkurang aku mah ngenolep dirumah sambil main HP, sebenarnya cita-citaku pas lulus ya mau jadi teknisi elektro tapi berhubung gak ada bantuan dari bapak ya nggak bisa terwujud (Buat beli alat-alat sama sparepart servis). Di masa SMA aku nggak dikasih uang apalagi lulusnya, aku servis masih dalam tahap belajar kadang bisa kadang nggak pengalaman adalah guru terbaik bagiku.

Skip...

Sulitnya mencapai cita² bidang elektro akhirnya aku main HP. Saking fokusnya aku dengan HP sampe lupa kalau aku udah kehilangan semua temen. Nggak ada contact lagi, habis lulus sih ada temen yang hubungi aku dia minta benerin HP nya rusak, ada yang minta servis Salon. Tapi aku tolak karena gak punya uang, apalagi alat yang memadai.

Oh iya rumahku dipinggir jalan, tempatnya lumayan sepi jarang ada anak-anak yang bermain disini. Tidak seperti di rumah nenek pergaulan mudah, ada orang baru cuma ikut-ikutan akhirnya jadi temen.

Aku punya adik cewek, dia balik lagi ke rumah nenek mungkin dia nggak betah tinggal sama kakaknya yang tiap hari bertengkar terus. Disana dia banyak pergaulan, sampe sampe dia melangkahin aku (kakanya) nikah tahun 2020 lalu. Adiku tamantan SMP, berhenti sekolah karena mungkin ada masalah entah masalah dana atau beasiswa aku nggak tau sifatnya adiku satu ini suka berbohong.

Aku bingung akan penampilan, gigi depanku sudah keropos, hitam. Apa aku harus tetap ngenolep, saat ini keuanganku sudah nggak baik. Kalau dulunya masih bisa beli kuota dan nabung hasil dari Main HP sekarang gak bisa lagi.

Bingung aku mau kerja apa, udah lama aku nganggur satu tahun lebin. Betah ya karena dapet uang dari HP 😅
Cari info loker di forum2 fb eh ditawarin VT***, aku mah udah pengalaman tentang sitem gitu mah udah berkali² kena tipu. Bahkan kasus We****ndStora** aku kena tuh awal uang 200rb jadi 754rb udah ditarik tapi malah aku invest in semua eh lenyap. ( Kalian paham lah kalau beli lotre menang pasti kamu bakalan beli lagi )

Mainan kaya gitu gak lama, karena aku selama setahun emang bermain dalam dunia itu kok. Affiliate marketing (Referal), Mining, Invest Crypto, Nuyul App semua udah aku cobain ngasil sih tapi ya lama. Terlebih lagi resikonya gede banget😭

Selama nganggur aku jualin barang-barang yang aku punya, dapet lah 3.2 juta. Harusnya uang itu cukup ya buat buka usaha, tapi karena sudah konflik sama bapak aku nggak bisa buka. Perkataan bapak dari tahun ke tahun sama saja, pantesan aku sekolah cuma dibiarin aja. Bahkan baju sekolah aja nggak dibeliin..

Selama 7 tahun tinggal sama bapak dia bukanya mengukir kesan baik dihatiku, malah buruk dan menyakiti. Dan aku anak Broken Home, tinggal bersama bapak yang Toxic. Aku sering mimpi bapak sebagai sosok yang jahat.

Kalau lihat orang posting foto sama ibu bapaknya di FB aku sering nangis, betapa bahagianya mereka.😭 Apakah kebahagiaan ada untuk ku? 😰🤧

~ Aku nggak ngerokok, Nggak Suka main Game, Suka sama hal-hal yang berbau tekno & Sains, Dulunya aku dapet nama julukan "Profesor" dari temen², Main HP buka sosmed gabung di grup komunitas yang aku suka, noton YT, suka topik yang ada unsur tekno / sains / bisnis nya.

Skip......

Melihat adik nikah, aku juga mau keinginan nikah tersimpan dalam hati. Tapi aku sadar, apa ada ya yang mau sama aku? aku udah miskin, jelek lagi yang bikin penampilan jelek cuma gigi depan.

Adik ku aja cari cowok yang mau ngasih uang, dia juga pernah ganti² pacar. Emang bener sih uang adalah segalanya, jaman sekarang hidup tanpa uang itu mustahil. Anak SD aja kuota bulananya habisin 90-100ribuan.

Adiku nekat nikah, sekarang dia tinggal sama suaminya. Hidupnya sederhana, dia pernah post di FB-nya kalau dia udah bahagia. Tapi setelah aku lihat, sama saja hidup pas pasan kadang kekurangan, dan kadang masih bergantung dengan hutang. Ini jadi pelajaran buat aku, pelajaran yang sangat berharga kalau karir itu penting.

Di umur 20 ini aku merasa ngga ada apa-apanya, aku masih labil sama seperti anak umur 16 tahun. Belum bisa berfikir jernih, belum bisa mandiri. Bingung mau gimana ini 😢

Aku mau bangkit, gak selamanya aku dirumah berharap keajaiban datang, pekerjaan membangun kamar jadi tempat bekerja sperti anak-anak nolep lainya sudah pupus harapan. Aku Sudah takut sama bapak, gak mau lihat lagi sudah trauma atas kekerasanya, kata-kata kasarnya selama 7 tahun. (saya anak Broken Home)

Kedepanya aku mau mencicipi, gimana kerasnya jadi anak jalanan. Aku tak takut mati, dunia kehidupan memang keras. Aku sudah berkali-kali membaca cerita inspirasi, video inspirasi guna memotivasi diriku. 😭

Rasa semangat itu datang, rasa ingin bangkit itu datang tapi bingung mulainya dari mana.

Gimana caranya mendapatkan teman baru, ada yang tahu? Tanpa teman aku masih ragu-ragu mencoba. Mencari teman bagaikan memancing di laut yang luas, di fb aku sempat contact nama teman lamaku. Mereka rata² sudah menikah, dan juga gak peduli seperti dulu mereka sudah punya kesibukan masing².

Kalau sama orang baru aku jarang ngobrol, diem sedikit bicara. Tapi kalau udah akrab ngobrol nya gak bisa berenti. Gimana ya 😢, mau kerja disana disini syaratnya "Penampilan menarik" Haduh jadi down total 😭
Sementara pekerjaan yang kuras tenaga, kayak kuli, panen sawit, angkut kayu aku yakin bakalan gak sanggup. Karena aku paham banget kondisi fisik aku yang mudah capek, dulu waktu disuruh bapak angkut pasir aku coba maksain kehendak akibat dari banyak temen² sosmed bilang "Kamu nggak terbiasa". Hasilnya aku jatuh lemas sampe ketiduran jam 4 sore beruntung udah masuk dikamar, bangun besoknya sakit pinggang sampe seminggu lebih.

Aku mau tahu, sebenarnya tubuhku kurang apa sih. Kalau nanti ada uang dan covid-19 udah berhenti aku mau cek semua kesehatan tubuhku. Biar aku tahu semua kerusakan apa aja yang sudah terjadi pada diri ku. 😢

Pernah berobat tapi jarang, berobat kalau kena sakit parah dan disitu aku nemuin disetiap kali berobat ada vitamin/pil penambah sel darah merah.

Terakhir kali berobat sakit telinga, ditemenin sama mamah dibawa ke puskes dilempar ke RS. Dari RS dilempar ke RS palembang minta di operasi haduh. Jadi dicancel, aku bisa mendengar dengan satu telinga.

Nggak ada perasaan apapun mendengar dengan satu telinga karena itu sudah lama terjadi tanpa aku sadari, aku baru menyadarinya tahun 2019 lalu. Dokter bilang gejala OMSK sapuratif kronik atau disebut juga infeksi telinga yang terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama tanpa diatasi hingga merusak lapisan membran telinga.

Telinga kiri ku bisa mendengar suara keras, 60-90desibel (Suara bising) terdengar standar. Aku yakin kasus telinga akan sama seperti gigi jika tidak diatasi segera ia pasti akan bertambah parah, karena ini adalah infeksi yang disebabkan kuman. Masalanya adalah "uang", tanpa uang ya nggak bisa, aku punya BPJS tapi statusnya Nonaktif.

Akibat kurang pendengaran jadi tak heran kalau aku sering meminta lawan bicara mengulang perkataanya, tapi guru sekolah SMA menyebut aku low respon.

Jika kalian ingin tahu ketika upacara bendera, guru berpidato didepan lapangan tanpa mic saya tidak mendengarkan suara apapun.

Oh iya aku sudah terbiasa dengan Headset, mendengar suara smartphone tanpa headset sangat sulit. Suaranya terdengar namun tidak jelas, aku punya headset diruma digunakan ketika ingin memutar video, mendengarkan musik, atau hanya sekedar saling berkirim VN.

Aku bener-bener bingung, bingung banget mau ngapain. Masalah daya tahan tubuh, penampilan, dan pendengaran benar² jadi masalah serius ketika ingin melamar pekerjaan.

Kali aja temen² disini ada saran / masukan buatku?

Posting Komentar untuk "Karena menyepelekan kesehatan aku hancur di umur 22 tahun"