Memuat Konten
Silakan tunggu sebentar konten sedang dimuat....

Berhasil nofap 30 hari, ini yang gue lakuin

Tips Nofap Ala Kak Ryan

Artikel ini ditulis dengan gaya penulisan dan bahasa remaja 14-18 tahun, jadi mohon maaf bila ada kata yang tidak sopan. Dan saya rasa buat yang lebih tua, mungkin sudah lebih memahami tentang topik ini.

Nofap adalah kegiatan menahan diri dari semua hal yang bisa menyebabkan kita mendapatkan kesenangan dalam dunia s*ks. Bukan hanya itu nof*p juga punya komunitas saling suport, saling diskusi, serta berbagi kegiatan motivasi bagi semua orang yang mengalami kecanduan o**ni.

Saya sendiri adalah salah satu dari mereka, dan saya juga menganggap kalau semua orang punya pengalaman yang sama. Saya mengalami kecanduan sejak usia dini. Belum sekolah, belum ada gatget, dan juga tidak pernah punya ketertarikan dengan perempuan. Saya tahu kemungkian kamu juga pernah mengalami hal yang sama seperti yang aku alami.

Dan aku terus melakukanya, hingga umur 18 tahun. Namun sayangnya sejak 18 tahun perkembangan teknologi digital yang cukup pesat membuat saya bisa mengethui semuanya. Dampaknya cukup terasa, kecanduan semakin menjadi bahkan saya tidak bisa berfikir lebih jernih dibandingkan selalu berfikir kotor.

Lalu apa yang saya lakukan? Saya bergabung di beberapa forum komunitas tertentu, membaca artikel, dan meminta saran dokter via alodokter.com (online). Itulah sebabnya saya bisa mengetahui lebih cepat tentang dampak, penyebab, serta cara-cara mencegahnya.

Artikel ini mungkin untuk kesekian kalinya saya membagikan tips nofap, sebelumnya saya pernah menulis di Quora, Kompasiana, Blog saya sendiri, Guest blog Nofap Indonesia, dan terakhir saya menulis di blog ini.

Pengalaman yang saya rasakan ketika baru memulai nofap adalah gelisah, kebiasan yang selalu dilakukan hampir tiap hari ternyata sulit buat diubah. Tapi saya tetap semangat melakukanya, tanpa perlu dihitung seperti kebanyakan orang.

Apa saja yang dilakukan saat nof*p? Berikut ini adalah kegiatan yang saya lakukan mungkin bisa menginpirasi sahabat semua.

  • Mencari lebih banyak info seputar nofap, membaca dan mengenali dampaknya.
  • Saya memblokir dan berusaha agar tidak melihat konten dewsa lagi.
  • Belajar mengendalikan diri sendiri melalui kemampuan berfikir.
  • Mencoba untuk bersikap netral (Biasa saja) terhadap hal-hal yang memancing hawa nafsu.
  • Membuat diri selalu sibuk dengan bermain games, menulis blog, serta berbincang dengan saudara sendiri.


Ketika pertamakali mulai saya merasa gelisah, terkadang tangan saya dengan sengaja meraba area MR.*P walaupun tanpa saya inginkan. Kegiatan itu hanya sementara, beberapa bulan kedepan semakin hari kebiasanpun hilang.

Butuh waktu yang cukup lama buat menghilangkan kebiasaan yang pernah kita lakukan, dan saran saya yang terpenting adalah: jangan pernah lagi membuka konten dew4sa, itu adalah salah satu kunci terbaik untuk menghilangkan zat adiktif.


Jangan Main TikTok ataupun membuka Grup Shitpost

Saran saya kedua yaitu jangan pernah lagi melihat seorang perempuan seperti yang ada di ditiktok. Apalagi dalam aplikasi tersbut terdapat fitur filter muka yang bisa membuat wajah menjadi imut.

Jika cuma melihat wajah perempuan cantik tidak masalah, melihat wajah bisa diindentifikasikan dengan rasa suka dan cinta. Tapi yang jadi masalahnya adalah, kebanyakan konten kreator tik-tok itu menggunakan pakaian ketat. Bahkan ada yang memperagakan kegiatan pacaran ala anak jaman now yang tidak sepantasanya.

Saya melarangnya karena kamu sudah mengetahui, dan bila tetap menonton otak manusia akan penuh dengan rasa penasaran. Kamu akan terus melihat, mencari lagi yang lebih banyak tanpa bisa berhenti. Hingga akhirnya membuka video biru yang sangat terlarang!

Saya belajar menghindari kegiatan seperti itu, ketika rasa penasatan muncul secara tiba-tiba saya langsung membayangkan. "Untuk apa ya? Hanya sekedar hiburan semata yang bisa membuat saya kambuh"


Cari lebih banyak informasi agar tidak salah paham.

Pengalaman saya ketika memulai nofap adalah banyaknya pertanyaan yang muncul begitu saja, pertanyaan tersebut muncul karena dalam diri kita merasakan sesuatu yang tidak biasa. Tapi jangan khawatir itu adalah hal normal, cobalah mencari jawaban di forum-forum nofap atau google. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan ke ahlinya di alodokter.com, jangan terlalu banyak bertanya.

Bertanya akan membuat kita salah dalam memahami suatu informasi, kita tahu kan pendapat masing-masing orang sangat berbeda. Biasanya banyak yang langsung bertanya, entah di grup facebook lah, atau langsung bertanya di quora dll.

Terlalu banyak bertanya membuat kita tidak fokus dengan apa yang ditanyakan. Saran saya carilah informasi dan baca, temukan artikel di fb/google/twitter bacalah artikel tersebut, dengan membaca artikel kita bisa mengetahui semuanya, misalnya pada artikel ini. Kemungkinan kamu akan menemukan sesuatu yang sama persis dengan yang kamu alami.


Quick tips yang bisa kamu coba sendiri:
1). Cobalah aktif, aktif artinya kamu jangan terlalu sering diam. Walaupun hanya bermain gadget usahakan masih tetap ada interaksi dengan teman.
2). Buatlah dirimu menjadi lebih kreatif, kembangkan semua minat & hobbi yang kamu punya. Kalau saya hobbi opreker HP, nganggur ya oprek HP terus.
3). Numpang nongkrong di warnet juga nggak apa-apa yang penting bisa punya aktifitas lain.

Kenapa saya merekomendasika agar selalu ada aktifitas? Karena tidak ada cara lain buat menghilangkan kebiasaan lama. Salah satu cara agar membuat diri kita bisa melupakanya adalah dengan memperbanyak aktifitas, bukan hanya sekali tapi setiap hari.

Cegah fikiran jorok, caranya gampang kamu bisa mengalihkan perhatian ke hal lain. Tapi bila tidak sanggup saya menyarankan agar kamu menuruti keingian (Relpse) tapi jangan menggunakan bahan ya!, setelah relapse fikiran kamu akan segar kembali.

Relapse hanya boleh dilakukan bila sudah tidak kuat menahan rasa gelisah yang timbul. Intensitasnya juga jangan terlalu sering, saat relapse buatlah dirimu dalam keadaan tidak nyaman. Jangan dikasur, jangan sambil menonton, jangan ditempat terbuka, sembunyilah.

Berapa intensitas relapse yang masih dalam batas wajar? Maksimal 1 bulan 2x kalau bisa minimalkan 1 bulan 1x saja. Selebihnya masih bisa dibilang kecanduan, tapi bila sudah satu tahun nof*p masih tetap saja relapse itu artinya kamu masih dalam tahap kecanduan.


Kenapa ketika kita sibuk tidak melakukan F*p lagi?

Kegiatan atau aktifitas yang kita lakukan bisa mengurangi tingkat depresi, sehingga otak manusia tidak akan terus-terusan memikirkan sesuatu yang jorok. Memperbanyak kegiatan adalah satu nofap yang baik, cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Saya punya punya pengalaman, waktu itu disaat tidak ada kegiatan hanya diam dirumah. Nonton tv, tidur, main HP fikiran jorok masih saja terbayang. Selain itu rasa ingin relapse juga lebih kuat, terkadang saya tidak bisa menahanya langsung baring. Nah ketika saya punya aktifitas, hal-hal negatif sama sekali tidak terbayangkan dibenak saya. Bahkan rasa ingin relapse itu hilang tanpa saya sadari, oleh karena itu saya merekomebdasikan agar lebih banyak kegiatan positif.


Alasan kenapa kamu harus NoF*P sebelum menikah?

Terlalu sering melakukan kegiatan jorok bisa membuat diri seseorang bosan, sehingga bisa mengurangi rasa ingin saat sudah menikah. Sementara itu kebanyakan on**i bisa menyebabkan kualitas sp**ma menjadi berkurang, jadi sulit dapat keturunan deh. Padahal kalau habis nikah masa yang paling dikejar ya cepat-cepat punya momongan.

Saya tahu pastinya kamu tidak mau jika kejadian diatas menimpa dirimu. Oleh sebab itu jangan pernah bermain-main, walaupun banyak orang bilang kalau kegiatan itu merupakan hal yang wajar. Tanpa kamu sadari dampaknya ternyata sangat berbahaya buat masa depan, berhenti dari sekarang bisa membuat masa depan lebih cerah.

Jadikan nof*p disisi hidupmu hingga sampai menikah, memang perjuangan hidup di jaman sekarang jauh lebih berat lagi. Selain harus bekerja mandiri, juga harus bisa mengendalikan keinginan. Bagi seorang laki-laki wajib menjaga dirinya dari pandangan yang nggak-nggak, jangan sampai orang lain memberimu julukan m*s*m atau jorok.

4 komentar untuk "Berhasil nofap 30 hari, ini yang gue lakuin"

Posting Komentar

Harap gunakan kata² yang baik dan sopan, berkomrntar dengan link aktif akan langsung dihapus!