Memuat Konten
Silakan tunggu sebentar konten sedang dimuat....

Cara mengatasi kecanduan menonton konten dewasa

Akhir-akhir ini tampaknya banyak sekali anak muda yang tertarik dengan konten dewasa. Ditambah lagi mudahnya mengakses konten tersebut, memang konten seperti itu sangat banyak peminatnya. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh konten itu sendiri yang menambah hormon neuropiniprhin (keinginan) pada tubuh. Tanpa mereka sadari bahwa konten tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya kesehatan phisikologis. Lalu apa yang terjadi saat orang menonton-nya? Perlu kamu ketahui bagi yang akan terjadi adalah tubuh akan memproduksi hormon dopamine dan beberapa hormon lainya, hormon dopamin sendiri merupakan zat yang memicu rasa sanang ketika orang menontonya. Selain itu masih banyak dampak lainya, bisa saja menganggu kesehatan phisikologis,kurangnya sosialisasi - introvert, kurang fokus saat belajar, serta mendatangkan fetish yang akan mengganggu daya fikir kita.

Coba bayangkan dalam sehari berapa kali anda melihat konten seperti ini? Bayangkan, setiap orang mempunyai "keinginan" yang berbeda-beda. Bahkan ada yang menonton sambil melakukan perbuatan zina, tidak pandang gender baik laki-laki maupun perempuan memang suka dengan dengan konten ini, hanya saja perempuan jauh lebih tertutup daripada laki-laki. Saya mulai mengenalnya sejak kelas 5 Sd, namun saat itu belum ada teknologi yang memadai untuk mengaksesnya. Ponsel pintar saat itu didominasi oleh Symbian, HP symbian saja tak sanggup mengunduh file yang ukuranya 5MB, ditambah lagi banyak situs yang diblokir keminfo. Tapi sekarang, (2015-sekarang) sudah ada android yang mempermudah orang mengakses konten tersebut, mereka masih bisa mengakali pemblokiran pemerintah. Seperti menggunakan VPN untuk menghindari pemblokiran atau menggunakan twitter, ya twitter memang banyak sekali pengguna yang mengunggah konten buruk tanpa difilter / banned sama sekali. Jika kita sudah kecanduan, maka akan sulit menghentikanya. Kenapa saya sebut begitu, karena saya adalah salah satu dari ribuan orang lain yang kecanduan. Saya sangat tertarik menonton video remaja 16-18 tahun, tapi sekarang Alhamdullilah kegiatan itu sudah hampir hilang bahkan terlupakan. Bukanya tanpa sebab belaka, tetapi karena memang niat saya ingin keluar dari permasalahan zinna selama ini.
kebiasaan buruk nonton film dewasa

Saat ini saya mulai sadar kalau saya hanya terus mengikuti "keinginan /Hawa Nafsu" sampai saya tak mampu lagi mengendalikanya. Begitu saya melihat link di facebook saya tertarik untuk mengklik link tersebut, terkadang saya langsung mencarinya pada situs lain. Tanpa saya sadari kalau sudah kehilangan banyak waktu dan kuota hanya untuk mengunduh dan menonton video yang tidak bermanfaat. Untuk menghilangkan semua jejak yang sudah terekam di otak ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan , diantaranya :


1. Bersihkan galeri

Bersihkan semua file video maupun foto vulgar yang kamu simpan, cara ini adalah langkah awal untuk mencegah terjadinya kecanduan serta memutus rantai adiktif yang membuat kamu ketagihan. Saya tahu pasti kamu tidak akan sanggup merelakan file yang begitu sulit didapat, tapi yakinlah pada sebuah tujuan. Dampak paling besar akibat menonton video dewasa adalah kecanduan, jika sudah kecanduan maka kesehatan phisikologis kita bisa rusak. Dengan rusknya otak serta kesehatan fisik maka anda akan sulit mendapatkan teman, sangat bersifat introvert, dan hawa nafsu yang besar.


2. Unfollow Semua Akun Di Sosmed

Sosmed (Sosial Media) bisa membuat kamu mengulangi kebiasaan buruk ini, apalagi jika akun kamu bergabung dengan banyak grup-grup meme, shitposting atau grup lainya yang memiliki konten vulgar. Fikiranmu akan terus tertuju kepada hal yang tidak diinginkan, unfollow saja jika merasa hal itu akan membuatmu kesulitan bertahan. Jangan bermain twitter dan instagram, facebook sudah cukup buat kita mendapatkan informasi kamu bisa mengikuti akun yang membagikan berita positip misalnya detik, tirto, atau grup-grup yang membahas konten positip lainya. Sebaliknya twitter banyak sekali menyumbang konten dewasa, apalagi instagram disana banyak foto-foto seksi yang bisa memancing hasrat.


3. Perbanyak aktifitas

Menonton film dewasa adalah salah satu cara orang melepaskan rasa bosan / stress, nah kamu bisa memperbanyak aktifitas kamu disaat tidak ada waktu kerja. Bisa dengan bermain games, ngobrol bareng teman. Atau menonton youtube seputar video yang bisa membuatmu senang. Jangan biarkan fikiranmu kosong, justru pikiran kosong bisa membuatmu berfikir akan hal itu lagi.

Untuk melupakan kebiasaan buruk dengan cara seperti ini memang terasa sedikit berat, akan tetapi jika kamu benar benar niat maka bukan berati tidak mungkin dilakukan. Jangan biarkan fikiran kamu mengarah ke hal-hal tersebut buatlah dirmu rilexs dengan hal yang lebih postitif lainya.


4. Berhati-hati dalam berteman

Kebiasaan buruk seperti ini selain terjadi karena media internet juga bisa terjadi karena bergaul dengan orang yang salah, terkadang disaat kita sedang kumpul bareng ada-ada saja teman yang mengajak bahkan membagikan film seperti ini. Jika kamu pernah melihatnya sebaiknya kamu menghindar, mungkin kamu akan dianggap gay, tidak normal atau sebagainya seperti pengalaman saya dulu. Biarkan saja, yang penting kamu tidak ikut-ikutan berbagi file ke mereka, yakinkan dirimu akan dampaknya.

Yang pertama harus kamu fikirkan yaitu: dampaknya, dosanya, serta niat fokus untuk berhenti. Saya butuh 1 bulan untuk berhenti setelah 5 tahun selalu membukanya, dan saya sudah merasakan dampaknya yang sangat serius bagi saya.

Memang kebanyakan orang mengaitkan kebiasaan menonton film dewasa dengan tidak normal, menurut mereka orang yang tidak suka menonton film dewasa tidak normal. Tapi ada nggak agama yang mengajarkan orang seperti itu? Tidak ada kan, hampir semua agama melarang. Malahan yang ada malah membuatmu semakin gelisah.

Zina dalm islam sangat dilarang, bukan cuma agama islam agama lain juga melarang perbuatan maksiat seperti ini. Percuma kamu sholat jika masih melakukan bebiasaan buruk seperti ini. Pahala yang kamu dapat dari kebaikan, dan ibada pasti bakalan berkurang karena kamu tidak menjagga pandangan.


5. Mengembangkan Hobbi

Setiap orang pasti mempunyai hobi masing-masing, ada yang suka bermain games, ada juga yang hobbinya cuma makan doang. Buatlah agar hobi kalian bermanfaat bagi banyak orang dan juga bisa membuatmu mendapatkan tambahan uang.

Di jaman serba teknologi sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin bahkan dari sekedar hobi saja bisa dijadikan sebagai penghasil uang tambahan. Contohnya saya hobbi komputer dan teknologi, tapi karena tidak punya komputer saya menggunakan HP.

Dan melalui HP ini saya yang dulumnya malas nulis disekolah sekarang malah jadi lebih suka menulis. Dari hasil tulisan saya, saya membantu banyak orang dalam menemukan informasi, saya juga bisa memperoleh tambahan uang karena saya bisa memonetisasi dan menjual branding blog saya ini, memasang iklan, serta mempromosikan jasa saya sendiri.


6. Berdoa dan memohon ampun kepada Allah

Yang ke 6 adalah berdoa, dan rajin ibadah. Karena tanpa disertai doa, kemungkinan usaha kamu akan sia-sia. Orang yang mendekatkan diri pada Allah maka Allah akan jauhkan dia dari hal-hal negatif, Allah mudahkan tobatnya. Bayangkan saja sekarang ini ada banyak sekali godaan dimana mana, salah satu contohnya media daring seperti twitter dan facebook. Berdoa juga bisa membantu menyegarkan kembali fikiran kamu, bahkan menjauhkan setan yang bisa menggoda kamu agar mengulangi perbuatan itu lagi.


7. Hindari

Sekarang kamu harus menghindari kegiatan tersebut, jika ada di sosial media berusahalah untuk berhenti mengikuti akun tersebut atau mungkin kamu bisa memblokir dan melaporkan konten. Jika kamu sedang bersama teman-teman, kemudian temanmu ada yang saling berbagi film dewaaa. Cobalah sesekali untuk menegur atau memperingatkan mereka, tetapi jika tidak mememungkinkan kamu bisa menghindarinya.


Pesan Saya
Banyak orang mungkin tidak menyadari kebiasaan buruk mereka apalagi kecanduan menonton film dewasa, saya yakin suatu saat kamu bakalan bosen dengan kebiasaanmu itu dan ingin taubat dan menghapus kegiatan tersebut. Kita hanyalah korban, ya korban dari perkembangan teknologi yang dimana masuknya budaya luar ke indonesia dan sudah tak bisa dibendung lagi.

Moral anak bangsa sepertinya banyak yang sudah rusak, saya melihat banyak orang yang menganggap hal semacam ini sebagai hiburan. Dan lebih parahnya lagi disebut sebagai pemersatu bangsa. Padahal hal semacam ini justru merusak, efek dari menonton film dewasa sudah banyak kasusnya. Bahkan anak kecil sekalipun sudah paham dengan hal semacam ini, sungguh miris sekali indonesiaku.

Dengarkan curhatku, dampak yang aq alami: Untuk itulah kita harus melakukan tindakan pencegahan, dimulai dari diri kita sendiri. Edukasi sks harusnya lebih tepat diberikan kepada anak-anak, bukan mengajarkan pengetahuan seputar seksualitas akan tetapi mengajarkan hal-hal yang positif misalkan larangan-larangan, dampaknya, tata cara kesopanan. Sehingga bisa membuat orang sadar tentang hal itu. Jika dari kecil sudah kecanduan akan sulit mengubahnya, seperti yang saya bilang diatas. Internet & pergaulan yang salah adalah salah satu pengaruh besar yang bisa membuat kita terjerumus ke dalam kebiasaan buruk ini. Agama lebih sopan dala mengakarkan hal ini, mereka membahas dampaknya. Serta hadist dan hukumnya yang membuat orang takut melakukan perbuatan tersbut, bagi yang ber-agama islam yang masih terpedaya akan godaan setan untuk melihatnya kemungkina ibadahnya kurang sehingga harus disempurnakan lagi.

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi kecanduan menonton konten dewasa"